Pemko Langsa Salurkan Zakat Senif Kepada 6473 Fakir/Miskin

Wakil Walikota Langsa Dr H Marzuki Hamid MM saat menyerahkan zakat senif tahun 2017, kepada salahsatu Tgk. Imum Gampong bertempat di Aula Cakra Donya, Rabu (21/6).

Langsa: Pemerintah Kota (Pemko) Langsa melalui Baitul MAL menyalurkan zakat Senif kepada 6473 fakir/miskin yang ada di wilayah Kota Langsa. Penyerahan Zakat tersebut dilakukan oleh Wakil Walikota Langsa Dr.H. Marzuki Hamid, MM secara simbolis bertempat di Aula Cakra Donya, Rabu (21/6).

 

Hadir dalam acara tersebut mewakili Para Forkopimda, Pimpinan BUMN/BUMD, Para Geuchik, Imum Gampong serta undangan lainnya,

 

Marzuki Hamid dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kota Langsa merasa bahagia dan bangga serta memberikan apresiasi kepada Baitul Mal yg telah berusaha mengumpulkan zakat atau infaq di Kota Langsa.

 

“Sehingga pada hari ini dapat disalurkan kepada penerimanya melalui imum gampong dan geuchik seluruh Kota Langsa” jelas Marzuki Hamid. Lanjutnya, penyaluran zakat ini membuktikan bahwa tingginya rasa kepedulian masyarakat Kota Langsa.

 

Wakil Walikota juga berharap pada masa yang akan datang warga yang memiliki rezeki lebih agar ikut memberikan zakatnya melalui Baitul Mal. “Kepada para geuchik agar dapat menyalurkan zakat ini sesuai penerimanya”pinta Marzuki Hamid.

 

Kata Marzuki, para geuchik hendaknya dapat membantu warga gampongnya yang belum menerima bantuan dari Pemko Langsa, dengan usaha dari pemerintah gampong masing-masing.

 

Para geuchik juga diminta untuk memantau para warganya yang kurang mampu. Sehingga warga yang tidak mampu itu dapat dicari solusinya untuk membantu kekurangmampuannya. 

 

Lanjut, menjadi geuchik atau imam merupakan pekerjaan yang berat, apalagi dahulu sama sekali tidak ada gaji bagi mereka. Geuchik selalu tidur malamnya terlambat, tetapi bangunnya cepat. Malamnya geuchik memantau lingkungan gampongnya, baik dari segi keamanan gampong maupun kesejahteraan masyarakatnya, sehingga tidak ada warga yang kelaparan digampong dan tidak ada warga yang tidak bisa merayakan suasana idul fitri seperti masyarakat-masyarakat umum lainnya. 

 

Pemko Langsa mengharapkan pada 2018 nantinya anggaran untuk keperluan masyarakat gampong lebih meningkat. Pemanfaatan dana gampong agar lebih transparan dan diumumkan kepada masyarakat di gampong.

 

Pertanggungjawaban anggaran agar disampaikan kepada pihak kecamatan dan pemerintah Kota Langsa. Sehingga nantinya dana tersebut dapat membantu mensukseskan program pembangunan Kota Langsa. Angaran Pemerintah Kota Langsa sudah terserap sekitar 40% untuk masyarakat. 

 

Pihak gampong agar menyampaikan penyaluran zakat di gampongnya kepada Pemko Langsa melalui Baitul Mal. Sehingga Pemko Langsa dapat mengetahui penyaluran zakat tersebut. Dan nantinya datanya dapat diketahui secara nasional oleh pemerintah. 

 

Sementara itu kepala badan Baitul Mal Kota Langsa Alamsyah mengatakan dahulu Baitul Mal menyalurkan zakat ke gampong-gampong, tapi saat ini disalurkan melalui imum gampong dan dipertanggumgjawabkan oleh geuchik. “

 

Lanjutnya, penerima zakat senif fakir dan miskin tahun 2017 ini berjumlah 6473 orang dengan jumlah penerima pada tahun ini sebanyak: asnaf fakir 1500 orang dengan jumlah uang 150.000 per orang dan miskin 4830 orang dengan jumlah 100.000, fakir uzur 143 orang dengan jumlah 300.000 Jumlah seluruhnya lebih Rp.750.900.000,-

 

Jumlah zakat yg disalurkan memang belum seluruhnya mencukupi semua jumlah mustahik di gampong-gampong. Diharapkan para geuchik agar diatur penerimanya, orang yg tahun sebelumnya telah menerima agar digilir kepada yang belum menerima, demikian Alamsyah. (Tim)

About admin 442 Articles
Website Resmi Humas Sekretariat Pemerintahan Kota Langsa

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*