Wakil Walikota Langsa Resmikan Hutan Kota Pondok Kemuning

Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM, tanam pohon varian buah usai Peresmian Hutan Kota Pondok Kemuning di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Selasa, (14/11).

LANGSA: “Ini merupakan Program 100 Hari Kerja UMARA jilid II Bidang Lingkungan Hidup dan Peresmian Hutan Kota Pondok Keumuning di TPA Pondok Kemuning Langsa,” sebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Umar, SH pada acara Peresmian Hutan Kota Pondok Kemuning di Gampong Pondok Kemuning, Kecamatan Langsa Lama, Selasa, (14/11).

Pada acara tersebut, Wakil Walikota Langsa, Dr. H. Marzuki Hamid, MM meresmikan Hutan Pondok Kemuning sebagai Hutan Kota Pondok Kemuning. Hadir pada acara tersebut, unsur Forkopimda Kota Langsa, Sekda kota Langsa, Kepala Balai PDASHL Krueng Aceh, KPH Propinsi Aceh, Para Kepala OPD Kota Langsa, Para Camat dalam wilayah Kota Langsa, unsur Forkopimcam Kota Langsa, para Geuchik dalam wilayah Kota Langsa.

“Pada Program 100 Hari Kerja UMARA jilid II ini diambil Hutan Pondok Kemuning sebagai Hutan kota. Sampai sejauh ini, pihak Dinas Lingkungan hidup bersama Walikota dan Wakil Walikota Langsa telah melakukan penanaman pohon sebanyak 30.000 batang pohon, paling banyak pohon asan dalam rangka pelestarian lingkungan hidup di Kota Langsa. Bahkan Kota Langsa juga mendapat bantuan dari BPDASHL Propinsi Aceh sebanyak 10.000 batang dengan berbagai jenis pohon. Bantuan bibit dari Propinsi Aceh ini merupakan bibit-bibit yang berkualitas”, jelas Kadis Lingkungan Hidup, Umar SH.

Kepala Balai PDASHL Krueng Aceh, Propinsi Aceh, Ahmad Sofyan menjelaskan bahwa “Areal hutan Pondok Kumuning yang luasnya 36 hektar ini kita rencanakan akan ditanami jenis tanaman buah-buahan dan nantinya akan menjadi kebun buah. Hutan ini merupakan hulu DAS dari Aceh tamiang juga, sehingga harus kita kembalikan seperti kondisi semula.

Kami ingin langsa ini menjadi Kota Hijau, kami tantang hal ini kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Langsa.”

Wakil Walikota Langsa, Marzuki Hamid menambahkan, “Kita sengaja membuat acara disini di TPA agar masyarakat mengetahui Tempat Pembuangan Akhir ini. Karena sampai saat ini masih banyak warga Kota Langsa yang sama sekali tidak mengetahui Tempat Pembuangan Akhir (TPA) ini.”

“Dinas Lingkungan Hidup diharapkan dapat menjaga kondisi TPA agar tidak menimbulkan aroma bau yang tidak sedap, tentunya dengan pengelolaan sampah yang baik pula sehingga nantinya TPA ini diharapkan dapat difungsikan dengan baik pada masa yang akan datang. TPA ini sangat penting keberadaannya sebagai tempat pembuangan akhir dari sampah-sampah di Kota Langsa.”harap Marzuki Hamid.

Marzuki Hamid juga mengharapkan, Kedepannya sampah ini semakin hari semakin berkurang, tidak bertambah terus. TPA ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah saja, tetapi dapat berfungsi sebagai tempat wisata dan edukasi anak-anak kita nantinya. Apalagi kita merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan bibit pohon dari BPDASHL Aceh yang tidak menaruh keberatan dan akan membantu berapapun jumlah bibit yang kita butuhkan.

Wakil Walikota mengharapkan “kita dapat menanam pohon minimal satu batang seumur hidup kita. Bahkan Presiden Jokowi sendiri akan memberikan penghargaan kepada orang yang menanam pohon sebanyak 25 batang menanam pohon merupakan investasi kita ke depannya untuk anak cucu kita nantinya.

Para Camat dan Geuchik diharapkan dapat menghimbau kepada seluruh masyarakat agar menggalakkan penanaman pohon di gampong masing-masing.” Ujarnya Wakil Walikota [Tim]

About admin 462 Articles

Website Resmi Humas Sekretariat Pemerintahan Kota Langsa

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*